Tanda dan gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai

By | November 5, 2016

Kanker adalah penyakit yang menakutkan hingga saat ini karena belum ditemukan obat pasti yang dapat menyembuhkan nya. Kanker dapat terjadi di beberapa bagian organ tubuh manusia termasuk payudara. Kanker payudara lebih banyak terjadi pada perempuan, dan kasus pada lelaki hanya sedikit. Kanker payudara terjadi akibat sel abnormal yang berkembang pada payudara sehingga merusak sel sel jaringan pada payudara.

Tanda awal muncul nya kanker payudara yang dapat di rasakan adalah terjadi perubahan yang tidak seperti biasanya pada payudara. Perubahan tersebut seperti puting susu yang mengalami perubahan bentuk, masuk ke bagian dalam dan pada saat diberikan ransangan tidak kembali pada posisi semula. Selain itu keluar cairan yang tidak biasanya selain air susu.

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Selain tanda kanker payudara awal di atas, tanda lainnya yang menjadi gejala dari kanker payudara adalah terjadinya perubahan ukuran payudara, yaitu salah satu dari payudara yang terdapat sel kanker membesar. Kemudian terjadi iritasi pada kulit disekitar puting payudara, terdapat benjolan kecil di area areola. Selain terjadi pembesaran tersebut, perubahan warna kulit pada payudara perlu kita perhatikan. Tekstur kulit pada payudara pun akan mengeras yang bahkan disertai dengan peradangan.

Pada umumnya benjolan yang muncul pada payudara merupakan hal yang lazin pada wanita pada saat menstruasi. Munculnya benjolan tersebut di picu oleh hormon estrogen yang dihasilkan pada saat menstruasi. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah apa bila benjolan tersebut muncul dan mengalami pembesaran pada saat anda tidak dalam masa menstruasi, maka anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau pun rumah sakit, agar dapat segera diketahui apa yang terjadi dan penanganan apa yang paling baik.

Baca juga artikel terkait : obat herbal kanker payudara

Banyak kaum wanita yang tidak sadar dari gejala gejala kanker payudara tersebut yang pada akhirnya sel kanker sudah mulai mengganas. Benjolan yang abnormal yang beda dari biasanya ini akan terasa lebih keras dimana tekstur nya menyerupai krikil atau sebesar buah anggur. Awalnya benjolan tersebut memang berukuran kecil, namun jika didiamkan akan berkembang menjadi besar. Yang akan dirasakan pada benjolan ini apa bila membesar akan terasa nyeri dalam waktu yang cukup lama.

Itu lah beberapa gejala yang di alami pada penderita kanker payudara. Apa bila anda merasakan salah satu dari nya atau mengalami tanda tanda yang disebutkan di atas, maka segera lah periksakan ke dokter untuk berkonsultasi serta dilakukan penanganan yang tepat dan cepat, sehingga dapat meminimalisir resiko penyakit ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *