Seputar penyakit asam urat

By | November 5, 2016
Penyakit asam urat

Penyakit asam urat

Apakah anda sering merasakan nyeri nyeri pada persendian, terkadang sampai terasa amat sakit? Ya itu disebabkan karena adanya penumpukan zat asam urat di dalam darah yang berakhir pada persendian. Penumpukan zat tersebut yang terdapat pada persendian ini lah yang dinamakan dengan penyakit asam urat. Asam urat merupakan zat zat buangan yang terbentuk dari zat purin yang terdapat di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar zat asam urat ini dibuang melalui organ ginjal dalam bentuk urin dan yang sisanya lagi akan dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Apa bila zat asam urat lebih banyak di produksi oleh tubuh kita, sedangkan yang di buang hanya sedikit, maka zat tersebut akan bertumpuk dan nantinya akan membentuk kristal-kristal natrium urat berukuran mikro yang akan berakhir pada  persendian atau di sekeliling daerah sendi. Ketika kristal-kristal natrium urat tersebut masuk ke dalam sendi sendi dan mengganggu lapisan yang terdapat pada persendian, maka akan memicu peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri bahkan dapat terasa amat sakit.

Daerah sendi yang paling sering terkena serangan penyakit asam urat adalah bagian sendi di kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut dapat dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan daerah persendian lainnya.

Untuk mengatasi terjadinya penyakit asam urat pada tubuh kita, perlu kita ketahui penyebab dan faktor faktor yang dapat mmeicu asam urat tersebut, faktor faktor tersebut antara lain adalah makanan, minuman keras, minuman dengan kadar gula tinggi, beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat keluarga, serta jenis kelamin.

Makanan penyebab penyakit asam urat

Makanan makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit asam urat. Makanan makanan tersebut antara lain:

  • Jeroan seperti jantung, ginjal, otak,dan hati
  • Makanan laut seperti kerang-kerangan dan ikan yang berminyak
  • Daging merah seperti daging babi, sapi, dan kambing

Minuman keras

Selain makanan makanan di atas, minuman keras juga dapat menjadi faktor pemicu asam urat. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, akan membuat organ hati memproduksi asam urat semakin tinggi, selain itu alkohol juga dapat mengurangi jumlah kadar asam urat yang akan dibuang melalui urin.

Jenis minuman keras yang wajib di hindari untuk mencegah serangan penyakit asam urat adalah bir dan spirit. Terutama minuman bir, hal ini dikarenakan minuman keras ini memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Sedangkan untuk minuman seperti wine, tidak meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat secara signifikan asalkan diminum hanya satu atau dua gelas saja perhari, sebaiknya tetap di hindarkan untuk menjaga kesehatan.

Minuman dengan kadar gula tinggi

Faktor penyebab asam urat yang lainnya adalah dapat berasal dari minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Menurut hasil penelitian, baik itu minuman ringan manis atau pun minuman yang mengandung fluktosa yang tinggi dapat memicu risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fluktosa merupakan zat gula alami yang dapat dijumpai pada buah-buahan.  Sedangkan untuk minuman ringan yang di tujukan untuk program diet atau minuman ringan dengan kandungan kadar gula yang rendah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit asam urat.

Nah itu lah artikel seputar asam urat. Semoga dapat bermanfaat.

sumber : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *