Menjaga Jantung tetap Sehat dengan Diet Lemak yang Tepat

By | November 5, 2016

Menjaga tubuh tetap sehat dan terpelihara memang dibutuhkan agar kita selalu terhidar dari bahaya bibit penyakit yang bisa menyerang sewaktu-waktu. Namun terkadang masih juga harus dibantu dengan program seperti diet sehat dan aman agar kegiatan atau program kesehatan kita semakin maksimal hasilnya. Untuk melakukan proses diet aman agar jantung tetap terjaga sehat, pada umumnya anda perlu menyadari dan mengetahui asupan dan kandungan jenis lemak apa yang baik dan buruk untuk Anda. Trans dan lemak jenuh adalah sesuatu hal yang patut anda ketahui dan hindari.
Beberapa waktu lalu, kami diberitahu bahwa cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dan melindungi jantung adalah untuk mengurangi atau menghindari makanan mengandung lemak sama sekali. Tapi sekarang kita tahu bahwa jenis lemak tertentulah yang harus dihindari dan sebaiknya untuk tetap mengkonsumsi makanan berkandungan lemak baik atau yang disebut sebagai lemak tak jenuh, benar-benar meningkatkan kadar kolesterol HDL / kolesterol baik yang memiliki efek perlindungan pada jantung. Apa yang tubuh kita butuhkan adalah lebih sedikit kandungan lemak jenuh juga lemak trans serta lebih banyak kandungan  HDL. Dan jangan pernah untuk berpikir dalam mengkonsumsi donat, kentang goreng, dan T-bone steak dalam jumlah banyak karna makanan tersebut bisa memicu gangguan penyakit berat salah satunya adalah jantung.

diet lemak yang aman

Perbedaan Antara HDL dan LDL Kolesterol
Low-density lipoprotein atau kolesterol LDL disebut kolesterol tidak baik atau jahat karena jenis kolesterol ini bisa menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung. Kolesterol LDL dapat menumpuk di dalam arteri Anda, dicampur dengan bahan lain untuk membentuk lapisan kaku yang disebut denan plak. Plak ini membuat arteri yang sempit di dalam, yang berarti bahwa berkurangnya pasokan darah yang bisa mengalir melalui jantung Anda, dan pada gilirannya akan menempatkan posisi Anda pada peningkatan risiko untuk serangan jantung.

“Diet tinggi lemak jenuh dan trans mengangkat kolesterol LDL,” kata Lisa R. Young, PhD, profesor ahli diet dan tambahan di departemen gizi, studi pangan, dan kesehatan masyarakat di Universitas New York. Diet sehat-hati menghindari lemak yang mempromosikan kolesterol LDL, tetapi mencakup lemak kolesterol baik dan meningkatkan HDL.

High-density lipoprotein atau kolesterol HDL memiliki efek sebaliknya kolesterol LDL. “Kolesterol HDL adalah seperti Drano,” jelas Young. “Ini unclogs sistem.” Alih-alih menempel pada dinding arteri, HDL kolesterol bergerak melalui aliran darah ke hati, di mana ia bisa dipecah dan membersihkan.

“Untuk lemak baik untuk memasukkan dalam Anda diet, melihat diet Mediterania,” kata Young. “Bertujuan untuk diet yang lebih tinggi di canola dan minyak zaitun.” Jenis-jenis lemak tak jenuh tunggal, bersama dengan minyak nabati lainnya, membantu menjaga kadar kolesterol HDL Anda tinggi.

Trans Lemak dan Lemak Jenuh
Ini adalah dua jenis lemak untuk menghindari. Lemak jenuh berasal dari sumber hewani seperti daging dan susu. Lemak trans lemak terhidrogenasi parsial itu, seperti lemak jenuh, yang benar-benar lebih padat pada suhu kamar, Young mengatakan. “Mereka bertindak lebih seperti lemak jenuh.” Lemak trans, biasanya ditemukan dalam makanan olahan, meningkatkan kolesterol LDL Anda tanpa menawarkan Anda imbalan apa pun.

“Lemak trans cenderung lebih buruk daripada lemak jenuh karena mereka biasanya dalam makanan dengan nilai gizi. Lemak jenuh dalam susu atau daging, jadi setidaknya Anda mendapatkan protein, zat besi, dan kalsium, “kata Young. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat dari daging dan susu tanpa lemak, memilih potongan paling ramping daging sapi dan bebas lemak susu dan yogurt.

Diet jantung sehat : Meningkatkan kadar kolesterol HDL didalam tubuh
Alkohol dalam jumlah sedang dapat menjaga HDL Anda meningkat, tapi Young memperingatkan untuk tidak membiarkan diri Anda terbawa oleh berita diterima: “Tidak ada yang pernah mendapat penyakit jantung dari perampasan alkohol,” katanya.

Penguat lain adalah latihan. Satu studi menemukan bahwa 120 menit latihan per minggu sudah cukup untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan bahwa setiap tambahan 10 menit naik tingkat lebih lanjut.

Dark chocolate juga ditemukan memiliki efek positif pada kadar kolesterol HDL, tapi sekali lagi, moderasi adalah kunci.

Diet jantung sehat : Pilihlah margarin atau mentega yang baik dan paling sedikit kandungan lemak jenuhnya.
Mentega tinggi lemak jenuh, sementara banyak merek margarin yang penuh lemak trans. Keduanya akan meningkatkan kolesterol LDL yang berbahaya. Young berkata selai kacang adalah ide yang lebih baik. Tetapi jika itu tidak menarik bagi Anda, ia menyarankan memilih “mana yang Anda suka lebih baik, tetapi cobalah untuk makan lebih sedikit dari itu. jika dikonsumsi terlalu sering dan banyak tentu saja meskipun itu makanan sehat tentu saja akan menimbulkan masalah dikemudian hari dan kembali lagi itu adalah masalah kuantitas atau jumlah asupan.

source : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *