Dampak Buruk Dari Kelebihan Tidur

By | November 5, 2016
Kelebihan tidur dapat menyebabkan obesitas

Kelebihan tidur dapat menyebabkan obesitas

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu tidur yang cukup. Hal ini kedengaran mudah namun tidak semua orang menerapkan pola tidur sehat yang cukup dan berkualitas. Seperti yang sudah kita ketahui pada umumnya, tidur yang cukup dan berkualitas sangat baik bagi kesehatan tubuh dengan melakukan tidur yang cukup dan berkualitas, tubuh maupun pikiran dapat terasa lebih rileks dan kembali bertenaga kembali. Dan apabila kamu kurang tidur, kesehatan tubuh pun akan terganggu. Kurang tidur bisa memicu penuaan dini, menurunkan sistem kekebalan tubuh, kurang fokus dan masih banyak lagi.

Namun selalin kekurangan tidur dapat mmebuat tubuh kurang sehat, begitu pula sama halnya dengan kelebihan tidur. Menggunakan waktu tidur lebih dari waktunya atau berlebihan maka akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut dampak buruk yang akan dialami apabila kelebihan tidur
• Sakit Kepala
Dampak buruk yang pertama yang dapat dialami apabila kelebihan tidur adalah sakit kepala. Tidak jarang, tidur lebih dari waktu normalnya sekitar 10 jam setiap hari nya akan memicu sakit kepala yang hebat. Apalagi, jika kamu adalah seseorang dengan kebiasaan tidak dapat tidur dalam waktu lama. Penelitian telah menyatakan apabila kelebihan tidur hal tersebut akan berpengaruh terhadap neotransmitter tertentu pada otak seperti serotonin. Jika hal ini terjadi, maka kepala terutama pada bagian otak akan terasa sakit, hal ini lah yang dapat menyebabkan sakit kepala.

• Depresi
Dampak buruk yang berikut nya dari kelebihan tidur adalah mengalami depresi. Dalam sebuah hasil riset yang dilakukan pada tahun 2014, menyatakan apabila melakukan tidur berlebihan makan akan meningkatkan risiko terjadinya depresi. Para peneliti tersebut menemukan apabila mereka yang tidur dalam waktu yang lama adalah orang-orang yang sedang mengalami gejala depresi. Lebih dari 27 persen penderita depresi diketahui memiliki waktu tidur lebih dari 9 jam setiap harinya.

• Diabetes
Dampak berikutnya yang dapat terjadi bagi orang yang berlebihan tidur adalah diabetes. Beberapa hasil study menyatakan ketika kamu terlalu banyak tidur, hal ini akan memicu terkenanya penyakit diabetes. Hasil Study tersebut yang pernah dilakukan terhadap 9 ribu orang di Amerika menunjukkan bahwa mereka yang memiliki jam tidur lebih dari 9 jam setiap harinya memiliki risiko terkena penyakit diabetes 50 persen lebih besar. Tapi risiko ini juga terjadi pada mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam.

• Obesitas
Nah dampak buruk berikutnya bagi mereka yang memiliki waktu tidur yang lama adalah obesitas. Mereka yang tidur terlalu lama setiap harinya sangat besar resikonya terkena obesitas. Apalagi, bagi mereka yang suka telat bangun di pagi hari. Jika kamu ingin terbebas dari risiko obesitas, usahakan untuk memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas antara 7 sampai 8 jam perhari.

Nah itu lah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh anda apabila anda memiliki waktu tidur yang berlebihan. Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup tidak kelebihan dan tidak kekurangan usahakan memiliki waktu tidur antara 7 sampai 8 jam, hal ini akan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *